Tuesday, December 21, 2010

Anak-anak Kian Rentan Dimangsa Penjahat Internet



NEWS TODAY affanet berkah : Kehadiran situs jejaring sosial macam Facebook ternyata juga memikat anak-anak dengan kisaran usia 8-12 tahun. Padahal anak-anak rentan menjadi mangsa para predator yang berkeliaran di internet.

Itulah yang terungkap dari sebuah survei yang dilakukan pengawas media, Ofcom. Dari survei tersebut ditemukan bahwa satu dari empat anak berusia 8-12 tahun memiliki profil di situs jejaring sosial, salah satunya adalah di Facebook.

Fakta ini tentu mengundang kekhawatiran karena anak-anak rentan menjadi mangsa para predator di internet. Yang lebih memprihatinkan, para orang tua mengaku tidak tahu bahwa buah hati mereka menyambangi situs jejaring sosial, sehingga mereka tidak memantau aktivitas putra-putri mereka di dunia maya.

“Di saat muncul kekhawatiran tentang meningkatnya risiko (ekploitasi) terhadap anak, justru tidak ada peningkatkan pengawasan dari orang tua,” ujar Ofcom.

Menurut Ofcom, seperti detikINET kutip dari Mirror, Senin (29/3/2010), satu dari tujuh anak berusia 8-15 tahun begitu mudah mengumbar profil pribadi mereka di internet. Tentunya ini memperbesar risiko anak-anak menjadi korban predator.

“Dari survey yang melibatkan 2.131 anak, juga terungkap bahwa 3 dari 10 anak berusia 12-15 tahun memiliki komputer di kamar tidur mereka,” tandas Ofcom.

No comments:

Post a Comment