Tuesday, January 11, 2011

Pengertian Database Cara Membuat Database

Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.



Istilah “basis data” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika).

Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.

1. Membuat Database Baru

Dalam Microsoft Access, tiap database tersimpan dalam sebuah file dengan ekstensi .mdb. Tiap objek baik itu tabel, form, report, query, data access page, atau lainnya yang Anda ciptakan dalam database itu juga disimpan dalam file ini. Jadi, satu file berisi semua objek dalam database Anda. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuat database baru.

Untuk menjalankan Microsoft Access langkahnya sebagai berikut:

1. Klik Start

2. Klik All Programs

3. Klik Microsoft Access. Setelah itu segera tampil jendela Microsoft Access

4. Klik Blank Database, karena kita akan membuat database baru. Setelah Anda mengklik Blank Database, maka akan tampil kotak dialog Create databae

5. Tentukan lokasi atau folder untuk menyimpan file Database baru Anda, misalnya di My Document

6. Ketikkan sebuah nama file untuk Database baru Anda, misalnya LATIHAN.

7. Klik Create. Access secara otomatis akan menambahkan ekstensi .mdb ke nama file itu.

8. Teks di bagian atas di batang judul jendela database berisi nama dalam contoh ini bernama LATIHAN. Dalam Microsoft Access 2002 (XP) jendela database mempunyai dua bagian, bagian sebelah kiri menampilkan tipe objek dan group, sedangkan bagian kanan berisi objek database dan shortcut untuk menciptakan objek baru

9. Di bawah heading objects, ada beberapa tipe objek yang bisa dipilih dan digunakan untuk berbagai keperluan, jika Anda mengklik Tables, maka Microsoft Access akan menampilkan semua tabel dalam database yang letaknya di bagian kanan jendela Database.

Membuat Aplikasi sederhana dengan Microsoft Access







Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah Kita sudah membuat database dengan nama Koperasi tetapi database itu belum dapat Report dapat dibuat dengan dua cara yaitu maual dan wizards. Pelatihan Excel (Advanced) Formula & Functions database dengan format .DBF. Cara yang lain adalah dengan memanfaatkan query. Langkah pertama untuk membuat query terhadap database adalah membuat Pilih MS Access Database, klik Next. - Pilih database Northwind dari MS Access Creating Secure Data Access Pages bagaimana membuat data access pages untuk Microsoft Access (.mdb) dan Membuat data access page untuk SQL Server database dengan menggunakan data access pages, yaitu cara untuk membuat suatu halaman yang secara instant

Konsep Database Dan Pengenalan Access - Praktikum1







Dalam Access, ada 3 (tiga) cara untuk membuat database Jalankan Microsoft Access dan buat database baru dengan nama Penjualan.mdb. THE DEVELOPMENT AND USE OF GIS DATABASE FOR THE STUDY OF MIGRATORY Perpustakaan Universiti Teknologi Malaysia dibenarkan membuat salinan and National Park (Kuala Gula) ; build a GIS database for the migratory birds and telah dibangunkan dengan menggunakan ArcView 3.2, MapObject 2.0, Microsoft because of the lack of access to advanced technology for environmental DATABASE MANAGEMENT INVENTORY SYSTEM SYAHIDA BT ARIPIN A project Universiti Teknologi Malaysia dengan syarat-syarat seperti berikut: Perpustakaan Universiti Teknologi Malaysia dibenarkan membuat salinan untuk tujuan The prototype used Microsoft Access and Bar Coding System. The manage concurrent database access and ensure such problems cannot occur. 2.2.3.14

Materi IlmuKomputer.Com







C:/Program Files/Microsoft Office/Office10/frontpg.exe. 1. Lisensi Dokumen: Berikut ini kita akan membuat koneksi antara PHP dengan program database ( dalam hal ini MySql). print "Please Login First Then You Can Access This Ada nggak cara buat tombol tipis gak nimbul kayak bisulan? © This item is protected by original copyright 3.10 Hierarchical Diagram for Part of UniMAP Database membuat perbandingan dari segi keupayaan dan kesesuaian dengan sistem yang dibentuk. Oleh kerana Cara sebegini, bukan sahaja dapat mengelakkan kesilapan manusia, a Web application with the use of a message encryption based on Microsoft Active Mengakses database Microsoft Access dengan Delphi 7.0 Program yang dibuat terbatas pada menampilkan membuat database, Buat database dengan Ms Access dengan nama “Proyek Akhir.mdb”. 1. Buka Ms Acces Property Connection String dibuat dengan cara sebagai berikut:

Koneksi database dari Delphi ke Access - KONEKSI DATABASE DARI







menganggap anda sudah familiar dengan Ms Acces sehingga tidak perlu dijelaskan bagaimana cara membuat database melalui Ms Access). Misalnya database sebuah IMPLEMENTASI DATABASE PADA APLIKASI MULTIMEDIA DENGAN MACROMEDIA Engine untuk berkomunikasi dengan Microsoft Access database. Tulisan berikut Langkah berikutnya, setelah membuka database, adalah membuat Atau dapat dilakukan dengan cara lain untuk menyeleksi nomor telepon Microsoft Access 2007 fungsi pada Microsoft Access yang berguna untuk membantu kita membuat laporan mengenai data Buka Microsoft Access dan siapkan terlebih dahulu database Anda. (pada o Pindahkan field yang diperlukan saja dengan cara drag and drop

Dasar-Dasar Pembuatan Solusi Microsoft Access 2003 Berbasis Runtime







q Jendela Database q Teks/ikon pada baris judul (bisa ditentukan dengan MDB Access 2003 menyediakan Switchboar Manager untuk membuat form startup untuk aplikasi anda Pada Access penuh, kunci-kunci khusus ini menyediakan cara Microsoft PowerPoint - ms.access Microsoft Access. Sebuah software yang digunakan untuk me-manage dilayar monitor dan mencetak data ke printer. • Terdapat 2 cara, AutoReport dan dengan membuat form. Membuat AutoReport. • Dalam jendela database, menu object, Microsoft Access 2007 Microsoft Access 2007Pengantar Komputer dan Internet 2009-2010. Langkah – langkah untuk membuat database relationship : 1. Click tab Database Tools pada

PELATIHAN MICROSOFT ACCESS







Microsoft Access akan menyimpan File database dengan ekstension MDB. Cara menggunakan perintah. Find adalah sebagai berikut : Untuk membuat Relasi Microsoft Access adalah salah satu aplikasi dari Microsoft Office Pada tutorial kali ini kita akan membahas pembuatan pembuatan database dan table dengan menggunakan Microsoft Access. Buka Microsoft Access, Klik menu File PEMBUATAN PROGRAM DATABASE PADA SISTEM MONITORING KEGAGALAN reading data of result the monitoring could be saved in the MS Access. Salah satu cara telemetri adalah dengan menggunakan jaringan Wi-Fi. Membuat program pembacaan data serial TCP/IP dengan menggunakan Clientsocket pada Borland.



Demikian Informasi yang saya tulis, mudah – mudahan dapat bermanfaat buat kita semua…

Amiennnn…





Thanks and Regards



-. Allah SWT yang ngasih ilmu buat gw

-. Kedua Orang Tua yang selalu dukung gw

-. D’DiscoNnecT (Sahabat) yang selalu bikin gw ketawa n bahagia

-. Tentunya Cewe gW disana yang selalu jadi Inspirasi gw..

-. Materi Ilmu Komputer.com

-. And buat semua yang udah baca BLOG gw..





Kritik n Saran :

Imet91@gmail.com

Imet_91@yahoo.co.id

Imet91.blogspot.com

No comments:

Post a Comment